HEADLINE

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Prev Next
Peta

Peta

Tim Kreatif Kec....... Read more

SOP KECAMATAN MUNJUNGAN

SOP KECAMATAN MUNJUNGAN

  STANDARO PERASIONAL PROSEDUR  ( SOP ) ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DILINGKUNGAN KECAMATAN MUNJUNGAN         KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016                         DAFTAR ISI BAB I Latar Belakang ............................................................................................................................................... 1 BAB II Gambaran Umum a.    Pengertian ......................................................................................................................................... 3 b.    Manfaat  ........................................................................................................................................... 3 c.    Landasan Hukum .............................................................................................................................. 4 d.    Tujuan... Read more

Keadaan geografis kec.Munjungan

Kecamatan Munjungan merupakan bagian wilayah Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Secara geografis terletak diantara 8° "22 19' - 8° 4'23' LS dan 111° 27'46 - 111° 39'40 BT. Batas-batas administrasinya... Read more

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

  STRUKTUR   ORGANISASI    DAN   TATA  KERJA KECAMATAN MUNJUNGAN   Dalam melaksanakan tugas Camat sebagai unsur Staf Pemerintah Daerah/ Satuan Kerja Pemerintah Daerah adalah berkedudukan membantu Kepala Daerah dalam menjalankan kewenangan yang dilimpahkan Kepala Daerah... Read more

Struktur Organisasi

 

STRUKTUR   ORGANISASI    DAN   TATA  KERJA

KECAMATAN MUNJUNGAN

 

Dalam melaksanakan tugas Camat sebagai unsur Staf Pemerintah Daerah/ Satuan Kerja Pemerintah Daerah adalah berkedudukan membantu Kepala Daerah dalam menjalankan kewenangan yang dilimpahkan Kepala Daerah dalam memimpin Penyelenggaraan Pemerintahan, Perekonomian dan Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Umum di Kecamatan   serta   bertanggung   jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.Struktur   Organisasi Tata Kerja Kecamatan Munjungan sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 22 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah kabupaten Trenggalek, sebagai   berikut :

 

 

TUGAS   DAN   FUNGSI   KECAMATAN  MUNJUNGAN

Pelaksanaan Pemerintahan di Kecamatan Munjungan sesuai dengan Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 131 Tahun 2011, tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan Kabupaten Trenggalek sebagaimana berikut   :

1.    Camat

Camat mempunyai tugas menyelenggarakan, memimpin, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Kecamatan sebagimana dimaksud dalam pasal 3 dan pasal 4, berdasarkan Peraturan Perundang – Undangan dan Kebijakan Bupati.

2.     Sekretaris Kecamatan

 1.   Pengkoordinasian  perumusan kebijakan teknis berdasarkan Peraturan Perundang – Undangan dan Kebijakan Camat;

2.         Perumusan Kebijakan teknis dan penyusunan program / kegiatan Sekretariat;

3.         Penyelenggaraan, pembinaan dan pengendalian pelayanan administrasi umum, kepegawaian, dan penatausahaan keuangan;

4.         Pengordinasian penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kinerja Kecamatan:

5.     Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

3.    Kasubag Umum dan Kepegawaian

1.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional di bidang administrasi umum dan kepegawaian;

2.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;

3.         Menyiapkan data sebagai  bahan sebagai penyusunan program dan / atau kegiatan koordinasi administrasi umum dan kepegawaian;

4.         Melakukan kegiatan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;

5.          Menyiapkan bahan pertimbangan DP3 bagi Petugas Lapang SKPD lain yang berada di Kecamatan;

6.          Melakukan penatausahaan surat menyurat, perlengkapan dan urusan kerumahtanggaan Kecamatan;

7.         Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas, pendataan hasil kerja, serta menyusun pelaporan kinerja administrasi umum dan kepegawaian;

8.          Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;

4.       Kasubbag  Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan

1.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional di bidang perencanaan dan pelaporan serta administrasi keuangan;

2.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perencanaan dan pelaporan serta administrasi keuangan;

3.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan / atau kegiatan perencanaan dan pelaporan kinerja Kecamatan serta administrasi keuangan;

4.         Melakukan kegiatan pelayanan administrasi  perencanaan dan pelaporan serta keuangan;

5.         Melakukan penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan kinerja Kecamatan ;

6.          Melakukan penatausahaan keuangan kecamatan;

7.         Melakukan  monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kerja perencanaan , pelaporan dan administrasi keuangan;

8.         Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;

5.   Kepala Seksi Tata Pemerintahan

1.         Menyiapkan dan menganalisa data  sebagai bahan perumusan kebijakan operasional  tata pemerintahan;

2.         Mengumpulkan dan menganalisa  data sebagai bahan koordinasi  dan pembinaan tata pemerintahan;

3.         Menyiapkan data sebagai bahan  penyusunan program  dan / atau kegiatan tata pemerintahan;

4.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria tata pemerintahan;

5.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan administrasi pertanahan / keagrariaan;

6.         Mengumpulkan  dan menganalisa data sebagai  bahan penyusunan monografi  wilayah kecamatan;

7.         Menyiapkan data  sebagai bahan pembinaan dan  fasilitasi pengangkatan, pemberhentian dan pelantikan kepala desa, perangkat  Desa, pimpinan dan anggota Badan  Permusyawaratan Desa (BPD);

8.         Menyiapkan data sebagai  bahan  pembinaan dan fasilitasi penyusunan  Rancangan Peraturan Desa, Keputusan Desa, Peraturan Kepala Desa dan / atau Kepala Kelurahan  serta Keputusan Kepala Desa dan / atau Kepala Kelurahan;

9.          Melakukan inventarisasi tanah kas desa dan tunjangan penghasilan aparat  Pemerintah Desa;

10.      Menyiapkan bahan pembinaan politik dan Idiologi Negara ;

11.      Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi  penyelenggaraan kerjasama antar desa / Kelurahan dan penyelesaian perselisihan sengketa yang terjadi di Desa / Kelurahan;

12.      Menyiapkan data sebagai bahan  fasilitasi optimalisasi  pemanfaatan tanah kas desa  dan kekayaan desa lainnya  maupun penggalian sumber – sumber pendapatan desa;

13.      Menyiapkan bahan koordinasi  dalam rangka fasilitasi  pengumpulan data kependudukan;

14.      Melakukan kegiatan pelayanan teknis  dan administrasi pemerintahan desa  dan / atau kelurahan;

15.      Membantu penyelenggaraan  pemilihan umum  ( Pemilihan Bupati,  Pemilihan Gubernur, Pemilihan Presiden dan  Pemilihan Legislatif) ;

16.      Membantu dan memfasilitasi  serta mengoordinasikan pelaksanaan pemungutan  Pajak Bumi dan  Bangunan;

17.      Melakukan pendataan hasil kerja kegiatan pemerintahn desa dan kelurahan;

18.      Monitoring dan evaluasi  pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

19.      Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

6.       Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan

1.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang perekonomian dan pembangunan;

2.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perekonomian dan pembangunan;

3.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan / atau kegiatan perekonomian dan pembangunan;

4.  Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria perekonomian dan pembangunan;

5.     Melakukan inventarisasi dan menyiapkan bahan pembinaan terhadap lembaga – lembaga perekonomian masyarakat desa / kelurahan, usaha industri kecil dan menengah;

6.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi perencanaan pembangunan bidang perekonomian dan pembangunan sarana prasarana desa / kelurahan;

7.         Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi penyusunan rencana pembangunan desa kelurahan dan / atau kecamatan;

8.     Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi kegiatan operasional ekonomi pembangunan di wilayah kecamatan;

9.          Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi dan pengawasan penyaluran bantuan pembangunan;

10.    Menyiapkan data sebagia bahan penyusunan tata ruang wilayah kecamatan dan penyusunan profil desa / kelurahan;

11.      Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi perekonomian dan pembangunan;

12.      Melakukan pendataan hasil kerja perekonomian dan pembangunan;

13.     Monitoring dan evaluasi pelaksaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

14.Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

 7.       Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat

1.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang kesejahteraan rakyat;

2.     Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan kesejahteraan rakyat;

3.      Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan / atau kegiatan kesejahteraan rakyat;

4.   Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria kesejahteraan rakyat;

5.      Menyaipkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan;

6.  Menyiapkan data sebagai bahan dan mengoordinir pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya;

7.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan penyelenggaraan pendidikan  dan keagamaan / kerukunan hidup baik antar umat beragama maupun antara umat beragama dengan pemerintah;

8.  Menyiapkan data sebagai bahan dan mengoordinir pelaksanaan pencegahan serta penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi;

9.    Mengoordinir dan mengawasi pelaksanaan pengiriman penyaluran dan pendistribusian bantuan – bantuan sosial;

10.     Menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka pembinaan dan pendataan ketenagakerjaan dan transmigrasi;

11.     Menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka pembinaan peningkatan kesehatan masyrakat, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;

12.     Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi kesejahteraan rakyat;

13.     Melakukan pendataaan hasil kerja kesejahteraan rakyat;

14.     Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

15.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

8.       Kepala Seksi Ketrentaman dan Ketertiban Umum

1.    Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional ketentraman dan ketertiban umum;

2.         Mengumpulkan dan menganlisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;

3.    Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan / atau kegiatan di bidang ketentraman dan ketertiban umum;

4.   Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria ketentraman dan ketertiban umum;

5.       Menyiapkan bahan pembinaan dan pengendalian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta komponen perlindungan masyarakat ( LINMAS);

6.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan laporan situasi dan kondisi ketentraman dan ketertiban kecamatan;

7.        Menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan upacara – upacara peringatan hari besar nasional / Upacara Kenegaraan;

8.   Melakukan serta mengkoordinir pengamanan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati, dan Peraturan Perundang –undangan lainnya;

9.      Membantu pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum ( Pemilihan Bupati, Pemilihan Gubernur, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif);

10.  Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi penanganan perlindungan masyarakat akibat Pelanggaran HAM dan masalah sosial;

11.      Menyiapkan data sebagai bahan pemrosesan rekomendasi ijin ganguan ( HO) dan perijinan lainnya;

12.      Malakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi ketentraman dan ketertiban umum;

13.      Melakukan pendataan hasil kerja kegiatan ketentraman dan ketertiban umum;

14.      Monitoring dan evaluasi  pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

15.       Melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TOP