Kegiatan

PAHARGYAN ADAT LONGKANGAN DI PANTAI NGADIPURO, DESA CRAKEN, KECAMATAN MUNJUNGAN

post-img

Jumat tanggal 16 Juni 2023 pukul 09.35 s.d 10.40 WIB, bertempat di Pantai Ngadipuro Dsn. Ngadipuro Ds. Craken Kec. Munjungan Kab. Trenggalek, telah dilaksanakan Pahargyan adat longkangan khusus warga Dsn. Ngadipuro Ds. Craken Kec. Munjungan Kab. Trenggalek. Hadir dalam acara tersebut Wasiska Widiyanti, S.pi, M.si (Kepala Bidang Tangkap Perikanan Kab. Trenggalek), M. Rizal, A.Md. (Kepala UPT TPI Prigi Kab. Trenggalek),Bpk. Yusuf Widiarso, S. STP. (Plt Camat Munjungan),Lettu Inf Samsul Hadi P. (Pgs. Danramil 0806/12 Munjungan), Iptu Samsul Hadi (Wakapolsek Munjungan), Kades se-Kec. Munjungan, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan para nelayan Dsn. Ngadipuro, Perguruan Pencak Silat se-Desa. Craken.

 

Rangkaian kegiatan  iringan Tumpeng Agung dari rumah kepala dusun menuju Pantai Ngadipuro. Sambutan oleh Bpk. Hariyanto (Tokoh Masyarakat Dsn. Ngadipuro) yang intinya : Selamat datang kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam acara longkangan di pantai teluk Ngadipuro.  Rasa syukur kita kepada Allah SWT atas warisan budaya, dari alam kita mendapatkan rezeki sehingga kita harus melestarikan alam. Sambutan oleh Bpk. Sadeli (Kades Craken) yang intinya : Bahwa longkangan ini sudah tradisi dari nenek moyang, yang intinya kita guyub rukun sesama nelayan maupun masyarakat di sekitar Dusun Ngadipuro, untuk warga Dusun Ngadipuro dan acara labuh laut di sengkuyung sama masyarakat dan para nelayan Ngadipuro. Sambutan oleh Bpk.

Yusuf Widiarso, S. STP. (Plt. Camat Munjungan) yang intinya : Bahwa upacara adat ini merupakan agenda tiap tahun yang di laksanakan oleh Masyarakat Ngadipuro khususnya di Teluk Pantai Ngadipuro dengan rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala rizki yang telah diberikan dari Tuhan YME kepada kita dan merupakan Budaya Adat yang harus dilestarikan. Untuk selalu meningkatkan kamtibmas dan mewujudkan sarana prasarana di wilayah serta terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Ngadipuro yang sudah membantu sehingga acara adat ini bisa kita laksanakan. Pada puncak upacara dilaksanakan Larung Tumpeng Agung ke Pantai Ngadipuro.